14 Cara Alami Menciptakan Hidup Sehat dan Sejahtera

Jumat, 24 Mei 20132komentar


Ciptakanlah hidup Sehat.
Apakah Anda belum Sehat? Pahamilah Artikel Berikut Ini :

Menjaga gaya hidup sehat tidak selalu mahal dan rumit. Banyak cara yang sebenarnya amat sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah. Baca Artikel dibawah ini :
Berikut adalah 16 tips untuk mencapai hidup yang Sehat dan Sejahtera :

1. Minum banyak air.
Sangat disarankan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air per hari. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan minum segelas air sebelum makan. Kadang-kadang kita tidak benar-benar lapar tetapi hanya dehidrasi.

2. Makan buah-buahan segar.
Tahukah Anda waktu terbaik makan buah adalah diantara waktu makan atau sebelum makan? Saat makan buah sehabis makan, energi buah hanya akan disimpan tubuh dan tidak digunakan.

3. Cukupi asupan protein.
Beberapa sumber protein yang sangat baik meliputi ikan, kacang-kacangan, dan daging. Tubuh membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak.

4. Beberapa makanan yang harus dihindari.
Makanan yang sebaiknya dihindari meliputi kentang, roti putih, oatmeal instan, dan kentang goreng. Alasannya adalah makanan ini akan cepat dipecah tubuh menjadi gula.

5. Memulai program olahraga secara teratur.
Jika Anda tidak mempunyai kebiasaan berolahraga mulailah dengan latihan ringan dan perlahan-lahan beranjak ke jenis yang lebih berat.
Pilihlah Olahraga yang Menyegarkan, Seperti Jalan-jalan pada pagi hari.

6. Hidup Sehat dengan Berolahraga

Orang yang rajin berolahraga akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik. 
Selain itu olahraga juga memiliki banyak manfaat lainnya antaralain memperlancar aliran darah ke sel-sel otak, metabolisme dan regenerasi sel-sel tubuh terjadi lebih cepat sehingga membuat awet muda, olahraga rutin dan teratur sangat tepat menjaga tubuh kita dari tumpukan lemak sumber penyakit, dan meningkatkan rasa percaya diri.

7. Istirahat yang berkualitas

Tidur pada malam hari selama enam sampai delapan jam perhari sangat baik untuk kesehatan. 
Tubuh akan bekerja menyembuhkan dirinya sendiri saat anda tertidur. Selain itu juga dapat menghilangkan stress karena orang yang kurang tidur kadar kortisol (hormon stress) akan 50% lebih banyak di aliran darah dibanding mereka yang tidur cukup. Istirahat yang berkualitas di malam hari juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit.


8. Berpikir positif dan menjauhkan diri dari stress

Selalu berpikir positif akan membuat anda merasa bahagia dan dengan begitu kesehatan rohani anda lebih terjaga. Berpikirlah positif dan optimis serta senantiasa bersyukur terhadap nikmat yang diberikan tuhan. Dan sambutlah masa depan yang lebih cerah.


9. Mengubah pola pikir

Hal yang paling mendasar untuk menjalankan pola hidup sehat dengan mengubah pola pikir supaya hidup mau serius mencanangkan hidup sehat. Setidaknya mesti ketat memiliki komitmen untuk menjalankan gaya hidup sehat dan praktiknya seperti agama, dengan harus mencari orang atau sosok yang benar-benar mampu sebagai teladan dan mau menyadarkan pentingnya hidup sehat.


10. Memiliki lingkungan yang sehat

Gaya hidup dbentuk oleh lingkungan. Apabila Anda ingin menukar gaya hidup harus dimulai dari lingkungan. Dengan mengubahnya berarti Anda akan memiliki banyak teman untuk berkomitmen menerapkan hidup sehat.


11. Mengurangi minuman mengandung gula

Sebaiknya mengurangi minuman yang mengandung gula, sebab gula akan mempercepat efek penuaan, obesitas yang berakibat pada penimbunan lemak di lever. Boleh pakai pemanis alami seperti gula aren ketimbang gula pasir.


12. Menyertakan suplemen

Sebaiknya menyertakan suplemen sebagai suplemasi tambahan untuk membantu memenuhi nutrisi yang kurang di dalam tubuh.


13. Hirup udara segar

Dengan anda menghirup udara segar berarti anda menjaga kesehatan paru-paru. Anda tidak perlu pergi ke pegunungan atau daerah pedesaan untuk mendapatkan udara segar. Gaya hidup sehat ini dapat anda lakukan dengan menghirup udara pagi dan usahakan anda terhindar dari udara yang tercemar seperti asap rokok. Selain itu, anda juga harus senantiasa menjaga kebersihan perabot rumah tangga, seperti kipas angin dan AC.


14. Hindari berat badan berlebihan atau kegemukan.
Timbanglah berat badan 1 kali seminggu. Penelitian menunjukkan, akibat kegemukan, risiko terjadinya kanker lebih besar khususnya kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, serta kandung empedu.


15.  Kurangi terlalu banyak makanan gorengan, dan juga yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan.

16.  Batasi makanan yang diolah dengan suhu tinggi, dan lama atau dengan pengolahan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen seperti makanan yang diasinkan, diasap, dibakar, dipanggang sampai keluar arang (gosong) . Yang terbaik adalah makanan yang direbus. Mengertikah ??

Demikian Tips/Trik Hidup Sehat.
Semoga Bermanfaat
Dan Terima Kasih Atas Kunjungannya


Salam Admin Artikel Sedana



Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Baik, Jangan Melakukan Spam.
Terima Kasih Atas Kunjungannya.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan Artikel Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger