TATA CARA / ATURAN MAKAN ALA ROSULULLOH NABI BESAR MUHAMMAD SAW.

Kamis, 29 Januari 20150 komentar



Sering terlupakan bahwa dalam hal sekecil seperti makan kita sering melupkannya sebagai Muslim, Tentang tata cara atau aturan makan yang benar dan baik menurut ajaran Islam, Ada sepenggal ayat dari Kitab Suci Al Quran :


Dengan mengutip ayat tersebut di atas hendaknya kita sebagai Muslim meniru apa yang diperbuat Nabi Besar Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari hal yang terkecil yaitu makan.

Berikut Tata cara / aturan makan ala Rosululloh Nabi Besar Muhammad SAW.

1. Sebelum makan hendaknya kita berdoa : "Bismilahhirohmanirrohim, Allohumma barik lana fiima rozaktana wakina ada bannar", Hendaklah minum dulu sebelum makan.

2. Rosululloh selalu menggunakan tangan sebelah kanan untuk makan, dan tangan sebelah kiri digunakan untuk mengambil segala sesuatu yang sifat nya jelek seperti membasuh ketika sehabis membuang air kecil / besar.

3. Rosululloh menggunakan tiga jari nya kalau makan yakni : ibu jari,telunjuk dan jari tengah, (Dengan menggunakan tiga jari tersebut Dia (Rosululloh) mengajarkan pada khususnya wanita untuk belajar sopan dalam hal sedang makan, karena wanita adalah perhiasan dunia maka hendaknya dia (wanita) jadilah seorang wanita sesungguhnya/Feminim.

4. Dalam makan Rosululloh mengunyah makanan sebanyak 21 kali : hal tersebut bisa diambil artinya bahwa makanan yang kita makan hendaknya betul betul hancur agar supaya makanan yang masuk ke dalam perut/pencernaan kita dapat dicerna di dalam perut dengan baik( tidak terlalu berat/kerja perutnya), maka tidak lah banyak penyakit yang akan berkembang biak di dalam tubuh kita, karena semua penyakit sebagian besar bersumber dari apa yang kita makan.

5. Hendaknya makan tidak berlebihan/ makan lah dengan senggang waktu makan/ atau bisa diartikan makan lah kalau kita merasa lapar, dan perlu diingat makanlah dengan tidak berlebihan. Dan biasakan minum sehabis makan.

6. Sehabis makan Rosululloh melakukan hal yaitu : berjalan-jalan dengan 40 langkah, hal ini dimasudkan agar supaya makan yang telah kita makan dapat dicerna alat pencernaan kita dengan baik, ibarat mesin motor, agar supaya mesin(alat cerna kita) menjadi panas, maka akan lancarlah pencernaan kita.

Demikian lah Tata cara / aturan makan ala Rosululloh Nabi Besar Muhammad SAW.
Semoga bermanfaat.
Amin.


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Baik, Jangan Melakukan Spam.
Terima Kasih Atas Kunjungannya.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan Artikel Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger