Khasiat Cengkeh Bagi Kesehatan dan Tips Pemakaiannya

Minggu, 26 Mei 20131komentar


Khasiat Cengkeh Bagi Kesehatan

Berikut Khasiat dan Trik/Tips Pemakaiannya





Cengkeh adalah suatu tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dikarenakan baunya yang wangi. Rempah yang satu ini bahkan juga ditemukan dalam sebatang rokok. Bila ditambahkan dalam suatu masakan, cengkeh mempunyai beberapa kegunaan antara lain mampu membuat makanan menjadi lebih wangi dan juga memberikan manfaat bagi Kesehatan, termasuk dalam hal meredakan sakit gigi..



Cengkeh untuk obat alami sakit kepala
Ambil 5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir merica. Semua bahan dihaluskan hingga menjadi bubuk, kemudian diseduh dengan 100 cc air panas. minum selagi masih hangat.



Cengkeh untuk mengobati batuk

10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, dan gula aren secukupnya. Semua bahan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum 2 kali sehari. Setiap kali minum sebanyak 200 cc.


Cengkeh untuk mengatasi perut kembung

Untuk mengatasi perut kembung, seduh 10 butir cengkeh dengan air panas lalu diminum sebagai teh. Atau, masukkan 5 sampai 10 butir cengkeh pada buah pir yang dilubangi dan dibungkus dengan kertas aluminium foil lalu dibakar hingga matang. Setelah matang, cengkehnya dibuang dan buah pirnya dimakan.


Cengkeh untuk obat masuk angin
Ambil 10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas, tambahkan madu secukupny. Aduk sampai merata lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.


Cengkeh untuk mengatasi stres

Minyak cengkeh bisa bermanfaat sebagai zat perangsang pikiran dan mental, menghilangkan keletihan dan kelelahan. Bila digunakan sebagai obat dalam dengan dosis yang sesuai maka bisa menenangkan pikiran. Saat Anda merasa stres, cobalah didihkan air dengan daun kemangi, daun mint dan cengkeh. Kemudian Anda bisa menggunakan air ini untuk minum teh hitam dengan menambahkan sedikit madu.


Mengatasi Infeksi Pernafasan
Menurut profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City; Neil Schachter, MD: Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran. yaitu dapat mengencerkan lendir yang ada di kerongkongan dan tenggorokan. Teh yang mengandung cengkeh dapat membantu mengatasi infeksi saluran pernapasan.



Mengobati sakit gigi

Bagian cengkeh yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah bunga cengkih. Cara pemanfaatannya adalah, sangrai 5 sampai 10 butir bunga cengkih lalu ditumbuk hingga halus. Bubuk cengkeh yang dihasilkan kemudian ditaburkan di bagian gigi yang sakit.


Pembersih Kuman alternatif

Senyawa Euganol atau antiseptik alami pada cengkeh bermanfaat untuk menjaga kebersihan barang-barang anda. Minyak cengkeh dapat mengurangi bakteri atau jamur yang ada pada perabotan rumah tangga dan mencegah kuman datang kembali. Caranya yaitu dengan mencampur 1/2 sendok minyak cengkeh dengan dua gelas air kemudian semprotkan ke tempat-tempat yang rentan terpapar bakteri atau kuman, misalnya dinding kamar mandi.


Pewangi alami
pakaian Aroma cengkeh yang pedas secara alami akan menutupi bau tak sedap, selain itu dapat menjaga kesegaran barang-barang anda. Salah satu contoh pemanfaatan nya adalah untuk pewangi dan penyegar pada pakaian anda. Caranya: simpanlah beberapa batang cengkeh ke dalam lemari pakaian Anda dan ganti setiap 2-4 minggu sekali, agar aroma segar tetap terjaga.


Cengkeh untuk mengobati rasa mual

Sebagai obat mual, ambil 10 butir cengkeh, 20 gram 
asam jawa, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Kemudian ramuan disaring dan diminum selagi hangat untuk dua kali sehari, setiap kali minum sebanyak 100 cc.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

7 Juli 2015 pukul 00.04

ternyata cengkeh juga bermanfaat sekali buat kesehatan ya,,tidak bauat masakan saja ternyata.,terimaksih/..


http://goo.gl/D00tV3


http://goo.gl/H4GI7Z

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Baik, Jangan Melakukan Spam.
Terima Kasih Atas Kunjungannya.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan Artikel Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger